Seorang di Balik Narnia

C.S. LewisClive Staples Lewis adalah seorang professor dan ilmuwan kehormatan di Universitas Oxford yang lahir di Belfast,Irlandia Utara pada 29 November 1898.  Entah kenapa, Ia lebih tenar dengan buku-buku fiksi kanak-kanaknya yang ia karang dengan nama pena C.S. Lewis. Masa kecil Lewis dilewati dengan masa-masa penuh imajinatif. Warren, kakaknya adalah salah satu faktor utama sifat imajinatif Lewis semasa kecilnya.

Sebelum Lewis mengarang Narnia, Ia sempat mengarang beberapa buku fiksi ilmiah dan buku-buku pelajaran pada tahun 1936-1945. Buku-bukunya pun memperoleh banyak sekali tanggapan negatif dari para penerbit. Lewis justru memperoleh niatan untuk mengarang buku kanak-kanak pada sebuah toko buku. Ia merasa bahwa buku-buku kanak-kanak sudah sangatlah langka dan sulit ditemui.

Pada tahun 1950, Lewis menerbitkan buku The Lion, the Witch, and the Wardrobe yang menjadi buku kanak-kanak pertama yang Ia tulis dan juga sebagai pembuka seri Narnia. Setiap buku dari seri Narnia selalu penuh dengan amanat dan nilai-nilai moral. Dalam setiap buku Narnia, Lewis selalu menceritakan tentang sekelompok anak muda yang tersesat dalam dunia Narnia. Mereka selalu diberi pilihan antara yang baik dan yang jahat. Dan pada akhirnya, baik selalu menang. Narnia sendiri adalah sebuah Alegori (penyampaian tidak langsung) dari pewartaan Kerajaan Allah. Ia menggambarkan sosok utamanya, Aslan (seekor Singa yang merupakan Raja Narnia), sebagai manifestasi dari Yesus. Petualangan Narnia yang seru membawa para pembaca untuk mengikuti Yesus secara tidak langsung.

C.S. Lewis adalah sosok revolusioner yang berani melawan arus tanpa meninggalkan moral-moral penting dan agama. Tidak perlu heran bahwa The Lion, the Witch, and the Wardrobe telah diangkat ke layar perak pada tahun 2005 dan menerima banyak sekali tanggapan positif. Ia meninggal pada 22 November 1963 pada usia 64 tahun dengan meninggalkan moral-moral positif bagi anak-anak di seluruh dunia. Meskipun Ia sudah meninggal lebih dari setengah abad lalu, Narnia tetap akan dihati para penggemarnya.

Yabes Tannaya

8B/26

Tuliskan komentar anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s