RIWAYAT HIDUP SANTA ANGELA

efe

Santa Angela Merici lahir pada tahun 1470 di Desenzano, Italia Utara, tepatnya di tepi Danau Garda. Ayahnya bernama Giovanni Merici dan ibunya Katarina Biancosi. Ayahnya bekerja sebagai petani anggur sederhana namun terdidik dan terpandang. Sedangkan Ibunya berasal dari keluarga bangsawan dan terpandang. Sejak kecil, Santa Angela beragama katolik.

Ketika Santa Angela masih kecil, ia beserta keluarganya pindah ke kota Le Greeze. Orang tuanya memiliki kebun anggur. Angela dan saudaranya sering bermain di kebun itu. Setiap malam, ayah Santa Angela menceritakan kisah hidup orang-orang kudus kepada Angela dan saudara-saudaranya. Salah satu orang kudus yang menjadi idola Santa Angela adalah St. Ursula. Santa Angela pun mengikuti teladan dari orang-orang kudus itu.

Namun, saat Angela masih sangat muda, orang tua dan saudara-saudara Angela meninggal dunia karena terserang wabah penyakit. Angela pernah melihat penampakkan saudaranya yang telah meninggal tengah bersama para malaikat. Adiknya menyampaikan pesan bahwa Angela dipilih Tuhan untuk mengabdi kepada-Nya.

Angela kemudian tinggal bersama pamannya di kota Salo. Pamannya merupakan pengacara terkenal dan termasuk kalangan bangsawan di kota Salo. Di Salo, Angela belajar bergaul dengan kalangan pejabat dan terpelajar, namun ia juga bergaul dengan orang miskin dan sederhana. Ia juga lebih sering menghabiskan waktunya untuk berdoa kepada Tuhan. Tidur di atas lantai beralas tikar dan berbantal batu atau sepotong kayu. Ia biasa berpuasa.

Karena merasa terpanggil, Angela masuk ordo ketiga Santo Fransiskus agar boleh lebih sering menerima komuni kudus. Tugas pertamanya sebagai anggota Fransiskan adalah menghibur Catarina Patengola di Brescia. Ibu Catarina Patengola baru saja kehilangan suami dan anak-anaknya dalam perang. Di Brescia, Angela juga dikenal sebagai pembawa damai dan penghibur orang yang sedang manghadapi masalah serta seorang penasihat obagi gadis dan remaja. Ia juga mendamaikan orang yang sedang bertengkar. Hal itu terjadi karena ketekunan dan kesetiaannya dalam berdoa. Sanat Angela juga sering berziarah ke tempat-tempat suci, salah satunya Roma.

Pada tanggal 25 November 1535, Angela membentuk sebuah kompani atau persekutuan bersama 28 orang wanita. Kompani ini diberi nama Kompani Santa Ursula. Angela dan anggota kompani lainnya berikrar hidup demi Tuhan dan sesama. Para anggota persekutuan atau kompani ini menyediakan diri untuk melayani sesama dengan merawat orang sakit dan mengajar.

Angela mempunyai cita-cita supaya anak-anak, terutama anak perempuan memiliki kesempatan untuk mendapatkan pendidikan secara utuh, yaitu intelektual dan kepribadian, agar mereka memiliki kepribadian yang menawan. Bagi Angela dan teman-temannya mendidik lebih merupakan seni daripada ilmu. Angela yakin bahwa tak mungkin ada pendidikan tanpa kasih.

Tanggal 27 Januari 1540, pukul 13.30, Angela wafat. Para pengikutnya tersebar ke seluruh dunia dan terus berkarya dalam berbagai bidang. Mereka dikenal dengan sebutan para suster ursulin yang juga menyelenggarakan pendidikan salah satunya di Kampus Cor Jesu Malang.

 

Agatha 7C/1

One thought on “RIWAYAT HIDUP SANTA ANGELA

Tuliskan komentar anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s