ICON BARU PENUH SENSASI

10408576_10202496846581462_6649977130859681961_n

Baru -baru ini, kampus Cor Jesu digemparkan oleh semarak pesta Santa Angela. Tema dalam pesta Santa Angela kali ini adalah, “Hiduplah dalam Keserasian, Bersatu, Sehati, Sekehendak”, begitulah rangkaian kata indah dari Santa Angela. Salah satu tradisi unik dari pesta Santa Angela adalah bagi-bagi ice cream pada seluruh warga kampus Cor Jesu. Namun, sedikit menyerong dari tradisi, kali ini tradisi makan ice cream diubah menjadi membagi-bagi botol minum. Cukup unik kan? Inilah icon baru dari kampus Cor Jesu.

Pasti muncul beberapa pertanyaan, “apakah fungsi dari botol tersebut?”. Beberapa murid pun menyayangkan pengadaan pembagian botol ini. Tapi, dibalik pembagian botol tersebut, ada manfaat yang sangat berguna. Menurut para guru dan panitia penyelenggara pesta Santa Angela, pembagian botol minum merupakan salah satu bentuk pencegahan untuk penumpukan limbah plastik.

Menurut mereka, lebih baik menggunakan botol minum yang dapat digunakan berkali-kali. Mengapa? Karena, warga kampus Cor Jesu ini sebagian besar menggunakan botol plastik yang sekali pakai. Sedangkan botol plastik sekali pakai akan menambah lebih banyak limbah plastik. Maka, merekapun berinovatif untuk membagi botol plastik yang dapat digunakan berkali-kali yang lebih ramah lingkungan.

Pasti akan muncul lagi pertanyaan, “apakah hubungan si botol ini dengan pesta semarak Santa Angela?”. Sesuai dengan salah satu aspek dari SERVIAM yang selalu kita junjung tinggi yaitu “Value For Intergrity Of Creation”. Jika kita terjemahkan menjadi Bahasa Indonesia maka akan berarti “Penghargaan Terhadap Lingkungan”. Jadi, hubungan dari mereka adalah, sesuai dengan misi dari pembagian botol ini, yaitu pencegahan penumpukan limbah plastik, maka akan sama dengan nilai karakter SERVIAM yaitu “Penghargaan Terhadap Lingkungan”. Wah, tak disangka, dibalik kemunculan botol ini, kita juga dapat menerapkan nilai karakter SERVIAM. Sungguh bangganya!

Sekarang, jelaslah sudah alasan dibalik pembagian botol ini. botol dibagi dan dikemas dengan sangat apik. Dengan berbagai macam warna, bentuk yang unik, membuat botol semakin menarik. Tertempel pula pesan sekaligus tema dari pesta tahun ini yaitu “Hiduplah dalam Keserasian, Sehat, Sekehendak”, membuat tampilan botol lebih inovatif. I

Inilah yang bisa saya sampaikan tentang pembagian icon baru dari kampus Cor Jesu. Icon baru yang inovatif, namun juga kreatif. Semaraknya pesta Santa Angela semakin meriah ditemani kemunculan botol ini. Semoga, dari kemunculan icon ini, tak hanya warga Cor Jesu yang bisa menerapkan karakter SERVIAM. Semoga semua masyarakat akan semakin sadar diri terhadap lingkungan sekitar.

Berikut adalah nilai pengembangan karakter dari SERVIAM:

  1. Self Motivation and Self Discipline (Motivasi Diri)
  2. Empathy (Kepedulian)
  3. Respect For and Services to Other (Penghargaan terhadap Orang Lain)
  4. Value For Intergrity of Creation (Penghargaan terhadap Lingkungan)
  5. Intergrity (Kejujuran)
  6. Achievement Motivation (Meningkatkan Prestasi)
  7. Moral and Ethical Responbility (Bermoral dan Memiliki Etika yang baik)

CACA 8B/4

Tuliskan komentar anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s