Bertapa Sejenak Menambah Konsentrasi

IMG_1341

Selain moving class, ada yang baru lagi di SMPK Cor Jesu ini. Yaps! Seperti sinetron yang sedang naik daun, kami juga punya trik-trik sendiri untuk membuat semangat belajar kami lebih fokus dalam mengikuti pembelajaran hingga usai. Trik itu adalah dengan “bertapa”. Istilah kerennya meditasi.

Sepuluh menit sebelum memulai kegiatan belajar mengajar, kami meluangkan waktu sejenak untuk mengembalikan konsentrasi kami. Lewat alunan instrumen musik nan lembut, kami terhanyut dalam suasana damai. Kami memusatkan pikiran, perkataan, dan perbuatan sehingga dapat menangkap pelajaran secara keseluruhan. Pada dasarnya pengertian dari meditasi ini adalah mengheningkan dan menenangkan diri sejenak untuk kembali fokus akan kegiatan selanjutnya.

Maranatha. Datanglah Tuhan. Berungkali kata itu keluar dari batin kami. Sembari secara bertahap, mengambil nafas dan menghembuskannya kembali. Secara perlahan, keheningan dan ketenangan tercipta dalam suasana kami. Karena masih baru saja diterapkan, tentu para siswa masih buntuh banyak penyesuaian. Bukan hanya siswa, para guru juga harus membiasakan diri untuk bermeditasi agar tercipta suasana belajar mengajar di dalam kelas sesuai dengan yang telah dirancang sebelumnya.

Guru agama Katolik SMPK COR JESU, mengapresiasi positif meditasi ini. “Meditasi itu penting karena berguna menenangkan batin, merasakan kehadiran Tuhan dan bisa lebih berkonsentrasi” ujar Theresia Endang. S.Pd.

 

Maria Nightingale IX D – 21

Yolandita Chrisan Berliana IX A – 09

Tuliskan komentar anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s