Kritikan Yang Berbuah Prestasi

Pada hari Sabtu, 23 Maret 2012 yang lalu, SMAN 8 Malang mengadakan lomba News Presenter yang diikuti oleh siswa-siswi SMP se-Malang Raya. SMPK Cor Jesu diwakili oleh saya (Beatrix), Naomi, Yola, Agatha, dan Lala. Dengan waktu yang terbatas, kami berlatih sebaik mungkin mempersiapkan diri untuk lomba tersebut.

Pada saat pelaksanaan lomba kami didampingi oleh Pak Louis dan Bu Enny. Lomba dimulai pukul 13.00. Kami menunggu giliran dipanggil karena peserta lomba News Presenter tersebut sangat banyak, jumlahnya mencapai seratusan peserta. Ini adalah pengalaman pertama saya mengikuti lomba News Presenter dan mungkin juga pengalaman kami semua, jadi kami merasa sangat gugup. Selama menunggu, kami berlatih membaca berita, sesekali Pak Louis memberi saran kepada kami. Kami dikarantina di sebuah kelas. Tak lama kemudian nomor saya disebut, artinya saya harus segera menuju ke ruang lomba. Saya disambut ramah oleh para juri, lalu mereka mempersilahkan saya membawakan berita.

Saya menarik nafas dalam-dalam untuk menghilangkan nervous. Begitu selesai, saya langsung dihujani kritikan oleh para juri. Mulai dari vokal yang kurang jelas sampai cara mengatur nafas. Setelah keluar dari ruang lomba, saya bertanya kepada yang lain apakah mereka juga mendapatkan kritikan. Ternyata tidak. Hal itu membuat saya minder dan pasrah.

Keesokan harinya, sekitar pukul 15.00 saya mendapatkan sms dari panitia lomba, isinya bahwa saya berhasil masuk nominasi pemenang News Presenter. Tentu saya tidak percaya mengingat saya mendapatkan kritikan dari para juri. Saya kemudian menghubungi Pak Louis untuk mendapatkan kejelasan. Saya kemudian menuju ke SMAN 8 dan bertemu dengan Pak Louis. Di sana kami diberi penjelasan oleh pihak panitia bahwa saya berhasil meraih peringkat 5 untuk lomba News Presenter. Saya sangat senang, bangga, dan juga kaget. Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Bu Rini, Bu Lusy, dan Pak Louis atas bimbingan dan saran, serta dukungan dari teman-teman semua. (Diceritakan oleh Beatrix M. C.)

(Naomi Natasya Sibarani)

Tuliskan komentar anda

